Anda berada disini:Beranda/Foto/Mendaki Gunung Ijen, Naik 'Taksi' Saja

Mendaki Gunung Ijen, Naik 'Taksi' Saja

26.04.2019

Berlibur ke Bromo bisa menaiki Jeep dan kuda sepertinya sudah biasa. Namun akan berbeda jika berlibur ke Gunung Ijen. Ada ‘taksi’ unik yang siap mengantarkan wisatawan hingga sampai puncak. Kendaraan ini menarik perhatian karena menggunakan tenaga manusia.

Taksi di Gunung Ijen ini merupakan kendaraan yang dimodifikasi sedemikian rupa agar nyaman untuk pelanggan. Taksinya berupa gerobak dan menggunakan tenaga manusia sebagai penggeraknya. Dalam sekali beroperasi, ada tiga orang driver yang mengendalikan kendaraan ini. Dua orang di depan menarik tali, sementara satu orang di belakang yang mengontrol arah termasuk mengendalikan rem.

Awalnya, kendaraan tersebut merupakan gerobak yang digunakan untuk membawa hasil tambang belerang. Sementara jalur perjalanan menggunakan taksi ini berbeda dengan jalur pendakian pada umumnya. Treknya terus menanjak, berpasir dan tidak berundak hingga terus sampai puncak. Untuk masalah keselamatan dan keamanan tak perlu khawatir, semua taksi Ijen sudah dimodifikasi ditambah driver yang berpengalaman.

Tarif taksi pendakian Ijen tidaklah murah, harga yang ditawarkan untuk mendaki dengan troli sekitar Rp 800 ribu per orangnya untuk pendaki atau wisatawan domestik sementara untuk pendaki asing dikenakan biaya Rp 1,2 juta dikarenakan medan yang menanjak dan dibutuhkan sekitar tiga hingga empat orang untuk menarik taksi tersebut.

Sejumlah penambang belerang mengakui membuka jasa taksi tersebut untuk mencari uang tambahan saat belerang sedikit atau kawasan tambang diliburkan.

---

Sumber:

  • https://www.antarafoto.com/foto-cerita/v1544532633/taksi-ijen
  • https://travelingyuk.com/taksi-di-gunung-ijen/136063

Share Content

 
Rating Konten
(0 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

dapat memberi manfaat untuk sesama adalah kesempatan dan kepuasan yang tak ternilai

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

loading...

  • Kehidupan ini langkahnya tak terduga. Tugas kita adalah menjalaninya dengan sebaik-baiknya sikap, agar kita berjalan dalam kebahagiaan dan sampai dalam kemuliaan

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2019 intronesia.com