Anda berada disini:Beranda/Intro/Kini Disabilitas Netra Bisa Belajar Bahasa Indonesia Dengan KBBI Braille

Kini Disabilitas Netra Bisa Belajar Bahasa Indonesia Dengan KBBI Braille

28.12.2018
2844
Ilustrasi Huruf Braille Ilustrasi Huruf Braille

Kabar baik untuk kawan-kawan disabilitas, khususnya tunanetra. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) mencetak Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Braille.

Ini adalah kali pertama KBBI dengan braille, kamus tersebut diserahkan oleh Poppy Dewi Puspitawati, selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada hari Rabu (26 Desember 2018) di kantor BPPB Rawamangun Jakarta.

Sebenarnya peluncuran perdana kamus tersebut sudah sejak Hari Sumpah Pemuda, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu.

Dikutip dari CNN Indonesia, Poppy mengatakan bahwa penyandang disabilitas atau tunanetra tetap harus mendapatkan pendidikan dan informasi terkait kosakata baru. Mereka akan mensosialisasikan kamus tersebut di mana pun sekolah luar biasa (SLB) berada.

Untuk saat ini, KBBI braille disediakan sebanyak satu unit di setiap kabupaten, padahal sekolah luar biasa di Indonesia jumlahnya lebih dari 2000. Namun pemerintah berjanji akan menyediakan KBBI braille agar semua para disabilitas dapat mempelajari informasi dan kosakata baru.

Pembuatan kamus tersebut tidaklah sebentar, persiapan yang dibutuhkan oleh Kemendikbud selama 6 bulan sekaligus untuk mencetaknya.

Pembuatan kamus tersebut adalah salah satu dari upaya pemenuhan hak untuk penyandang disabilitas sesuai dengan UU Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

---

Sumber: CNN Indonesia

Share Content

 
Rating Konten
(2 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

Cinta Indonesia adalah sebuah rasa yang seharusnya ada dalam setiap diri warganya

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

14 komentar

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

loading...

  • Jika kegagalan adalah sukses yang tertunda, berarti bisa kita harapkan kebohongan adalah jujur yang tertunda. Mengapa kalian pesimistis?

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2020 intronesia.com