Anda berada disini:Beranda/Jawa/Banten/Bendungan Pasar Baru atau Bendungan Pintu Sepuluh, Dulunya Bernama Bendungan Sangego

Bendungan Pasar Baru atau Bendungan Pintu Sepuluh, Dulunya Bernama Bendungan Sangego

27.01.2019
1614
Bendungan Pasar Baru atau Bendungan Pintu Sepuluh, Dulunya Bernama Bendungan Sangego (Foto: tangerangkota.go.id)

Bendungan Pasar Baru dibangun pada tahun 1927 dan selesai serta diresmikan tahun 1930. Keperluan dibangunnya bendungan untuk mengairi areal persawahan seluas 40.663 hektar.

Bendungan ini awalnya bernama Bendungan Sangego, kemudian berubah menjadi Bendungan Pintu Sepuluh atau Bendungan Pasar Baru. Perubahan pada bendungan ini tidak terlalu banyak karena terlihat dari peralatan dan mesin yang digunakan sudah tua.

Bendungan Pasar Baru terletak di Jalan K.S. Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Fungsi bangunan sebagai bendungan, maka inti bangunan adalah untuk mengatur aliran air di sungai Cisadane. Bangunannya terdapat 10 pintu air dari besi dan 11 tiang penopangnya. Konstruksi terbuat dari beton bertulang. Pada sisi utara dan selatan bangunan terdapat rel lori yang digunakan untuk mendistribusikan pintu air pengganti jika ada pintu air yang rusak.

Bendungan memanjang dari timur ke barat dengan panjang 125 m dengan rincian 10 jumlah pintu air, lebar pintu 10 m, 3 intake, 2 pintu penguras lumpur, tinggi pintu bawah 5 m, tinggi pintu atas 3 m, dan berat pintu masing-masing 25 ton. Bangunannya memiliki dua tingkat. Penghubung ke lantai atas menggunakan tegel berwarna abu-abu, bercorak kotak-kotak dan berukuran 20 x 20 cm.

Pada lantai dua terdapat 5 ruang yang berisi penggerak pintu air. Alat-alat yang digunakan pada bendungan ini sudah cukup mengkhawatirkan sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Sebelah barat bendungan terdapat bangunan berdenah persegi, pintu berupa rolling door dari besi. Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan lori dan sebaga gudang. Lori digunakan untuk membawa pintu air pengganti dan gudang. Keadaan bangunan tersebut dalam keadaan cukup terawatt dan lori masih bisa digunakan hingga sekarang.

---

Sumber: situsbudaya

Share Content

 
Rating Konten
(1 Pilih)
Kategori Menu
Label Konten

Sunyum adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan pahala

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

23 komentar

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

  • Jangan pernah mengasihani diri sendiri karena akan membuat kita terperangkap di kubangan kesedihan

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2020 intronesia.com