Anda berada disini:Beranda/Jawa/Jawa Barat/Oncom, Makanan Tradisional Bergizi Tinggi yang Berasal dari Limbah

Oncom, Makanan Tradisional Bergizi Tinggi yang Berasal dari Limbah

13.04.2019
3491
Oncom, Makanan Tradisional Bergizi Tinggi yang Berasal dari Limbah (Foto: id.wikipedia.org/Midori)

Belum banyak yang menyadari bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terkaya di dunia di bidang makanan fermentasi. Tempe sebagai salah satu makanan fermentasi asli Indonesia bahkan sangat terkenal di dunia. Selain tempe, Indonesia juga memiliki oncom.

Makanan tradisional ini juga merupakan salah satu warisan gizi yang penting di Indonesia. Oncom beserta produk-produk olahannya berasal dan berkembang terutama di daerah Jawa Barat.

Makanan tradisional ini telah berabad-abad lamanya diproduksi dan menjadi jenis makanan yang unik di Indonesia. Keunikan makanan tradisional ini karena kapang Neuspora sitophia belum pernah digunakan dalam pembuatan jenis makanan lain, kecuali pada oncom.

Makanan ini dibuat dengan memanfaatkan bahan limbah, seperti bungkil kacang tanah dan ampas tahu, melalui proses fermentasi dengan menggunakan jasa mikroorganisme kapang.

Pengolahan oncom mirip dengan tempe. Bedanya, pembuatan oncom dinyatakan selesai setelah kapang menghasilkan spora, sedangkan pembuatan tempe selesai sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).

Kapang memiliki kemampuan untuk meningkatkan zat gizi bahan pangan melalui proses fermentasi. Gizi makanan yang telah melalui proses fermentasi oleh kapang dapat beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan bahan asalnya. Jadi, meskipun berasal dari limbah, oncom memiliki gizi yang lumayan tinggi, terutama protein, lemak, dan serat.

Makanan tradisional ini mengungkapkan fakta bahwa sejak beratus-ratus tahun yang lalu, nenek moyang kita sudah mampu mengubah bahan limbah yang rendah gizinya menjadi makanan manusia yang enak dan bergizi tinggi.

Dipandang dari sudut ekologi, warisan gizi dan teknologi oncom ini mempunyai arti penting dalam menangani masalah limbah untuk kecukupan pangan dan gizi manusia. Sebab itu, teknologi pembuatan makanan ini sangat berharga untuk dikaji dan dikembangkan sehingga kemudian bisa diterapkan dalam menangani masalah limbah hasil pertanian pangan lainnya di Indonesia.

Makanan tradisional khas Jawa Barat ini ada dua jenis, yaitu oncom merah dan oncom hitam. Oncom merah umumnya dibuat dari ampas tahu, yaitu kedelai yang telah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu. Sementara oncom hitam terbuat dari bungkil kacang tanah yang kadang dicampur ampas (onggok) singkong atau tepung singkong, agar teksturnya lebih baik dan lebih lunak.

Oncom merah dihasilkan oleh kapang Neurospora sitophila, sedangkan oncom hitam dari kapang Rhizopus oligosporus. Jadi, warna merah atau hitam pada oncom ditentukan oleh warna pigmen dari kapang yang digunakan dalam proses fermentasi.

Dibanding tempe, perkembangan jenis makanan ini memang lambat. Hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya beberapa kasus keracunan yang diakibatkan makanan ini.

Sesungguhnya kapang oncom sendiri tidak berbahaya karena tidak dapat memproduksi racun. Yang berbahaya adalah bila ada kapang lain yang dapat tumbuh dalam bahan pangan ini dan membentuk racun, seperti jenis kapang Aspergillus flavus yang dapat menghasilkan racun yang disebut aflatoksin.

Aflatoksin merupakan singkatan dari toksin Aspergillus flavus. Sebetulnya kapang lain dapat pula membetuk aflatoksin, seperti A. niger, A. parasiticus, A. wentii, dan sebagainya.

Kapang-kapang oncom, seperti Rhizopus oligosporus dan Neurospora sitophila, tidak menghasilkan racun. Kedua kapang tersebut justru dapat menekan produksi aflatoksin, bahkan bila spora Aspergillus flavus sengaja ditambahkan dalam jumlah yang besar.

Di samping itu, adanya kedua kapang tersebut dapat merusak atau mengurangi kandungan aflatoksin yang terlanjur ada pada bungkil kacang tanah sampai sebanyak 60 persen dari jumlah aflatoksin awal.

Sampai saat ini, oncom masih kurang termanfaatkan meskipun berpotensi besar sebagai pemasok protein bagi kalangan menengah ke bawah karena harganya yang lebih rendah daripada tempe.

---

Sumber: https://1001indonesia.net/oncom

Share Content

 
Rating Konten
(0 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

Hidup itu pilihan yang harus diperjuangkan dengan segala resikonya

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

69 komentar

  • Stacywraxy
    Stacywraxy
    25.01.2020
    You have astonishing facts here. het testosteron
  • sabetsauto
    25.01.2020
    nike sb team edition white black billig nike magista opus upper javascript billig jordan vii hat billig femmes air jordan 3 tout noir chaussures nike zoom kd 9 on feet billig mitchell ness penguins 66 mario lemieux black 2017 stanley cup final patch stitched nhl jersey
  • Stacywraxy
    Stacywraxy
    25.01.2020
    In actuality enlightening looking frontward to coming move in reverse again. http://fr.t-booster.org/gelule-de-testosterone/
  • cozeano
    25.01.2020
    wholesale nike free 3.0 v4 black gold billig nike hypervenom phantom iii enfants noir bleu chaussures elite adrian amos mens 1940s throwback jersey chicago bears 38 alternate navy blue nfl nike pg 1 gs tout rouge chaussures nike total attack noir blanc jaune chaussures adidas x 17+ fg blanc rouge chaussures
  • dantovar
    25.01.2020
    mens 2015 nike nfl new england patriots t shirts 39 billig mens carolina panthers 54 shaq thompson nike white elite jersey billig air jordan 96 blue black air jordan 5 women nike air max 99 hommes noir vert rose chaussures adidas x tango 18.4 noir little bleu chaussures
  • trvlogue
    25.01.2020
    miami heat 6 lebron james gray shadow jersey canada white sale nike free 3.0 flyknit nike cortez ultra gray billig nike tiempo legend vii tf tout rouge chaussures nike kobe 11 white black orange for canada nike air max 98 hommes gris noir chaussures
  • cannonwalls
    25.01.2020
    adidas prougeator 18.1 fg tout gris chaussures nike magistax proximo ic orange marmalade billig nike zoom freak 1 gris noir chaussures nike fully charged rouge blanc chaussures adidas crazy light boost cheetah zip nike kyrie irving 2 shoes review
  • nesmapcs
    25.01.2020
    nike kd tery 6 blanc rouge chaussures nike air pegasus pour bon march茅 cheap black and pink nike air max sequent air jordan 9 retro white blue nike tiempo legend viii tf jaune bleu chaussures womens air jordan 9 retro blue yellow shoes for cheap
  • Stacywraxy
    Stacywraxy
    25.01.2020
    First-rate looking site. Acquire you did a whole loads of your very own coding. http://fr.detoxyn.org/fasting-&-detoxification-programme,-4-decembre/
  • carnilab
    25.01.2020
    air jordan 10 noir gris bleu chaussures nike air vapormax 2018 rouge blanc chaussures adidas copa 19+ tout blanc chaussures nike penny hardaway max white purple nike air max griffey 1 black and gold billig nike zoom shift ep on vente

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

  • Tangan dan hati harus menyatu. Apalah artinya tangan tanpa hati

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2020 intronesia.com