Anda berada disini:Beranda/Jawa/DI Yogyakarta/Meringankan Beban Tukang Becak, UGM Meluncurkan Becak Listrik Ramah Lingkungan

Meringankan Beban Tukang Becak, UGM Meluncurkan Becak Listrik Ramah Lingkungan

27.12.2018
421
Becak Listrik (Belis) UGM Becak Listrik (Belis) UGM (Foto: Harminanto/krjogja.com)

Becak adalah moda transportasi tradisional Indonesia yang banyak ditemui di pedesaan atau kabupaten. Tenaga penggerak becak adalah manusia yang mengemudikannya dengan cara mengayuh seperti sepeda. Tapi apa jadinya jika moda transportasi tradisional tersebut dimodifikasi dan menggunakan daya listrik?

Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PSEKP) dan Inovation Center for Automatic (ICA) telah meluncurkan Becak Listrik (Belis). Pada peluncuran tersebut, 12 Belis diberikan kepada tukang becak yang biasanya "mangkal" di sekitar kampus UGM.

Menurut Peneliti PSEKP UGM, Fahmy Radhi, inovasi tenaga penggerak energi listrik pada becak diharapkan dapat meringankan beban tukang becak yang masih memanfaatkan tenaga manusia.

Dikutip dari Liputan6.com, Fahmy Radhi, selaku peneliti PSEKP UGM mengatakan, peluncuran becak listrik ini sebagai upaya membantu tukang becak agar mampu meningkatkan jasa layanannya. Tujuannya adalah untuk memanusiakan para tukang becak. Ia juga berharap dengan adanya Belis ini dapat meringankan beban tukang becak.

Daya yang dipakai untuk Belis juga lebih ramah lingkungan, tidak menggunakan energi fosil seperti motor namun menggunakan tenaga listrik.

"Ke depan kami bercita-cita bisa mengembangkan 100 becak listrik, lalu menjadi 1.000 hingga 1 juta becak listrik untuk tukang becak di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Nizam menyampaikan, di era teknologi saat ini moda transportasi becak semakin tersisihkan. Terlebih dengan hadirnya becak motor atau kendaraan jasa transportasi online.

Prof. Nizam juga mengatakan, dewasa ini becak semakin terpinggirkan karena banyaknya jasa transportasi online. “Harapannya dengan adanya becak listrik ini mampu meningkatkan perekonomian para pengayuh becak,” kata Dekan Fakultas Teknik UGM yang dikutip dari Liputan6.

---

Sumber: Liputan6

Share Content

 
Rating Konten
(3 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

just a girl who’s suffering from a growing flower inside her heart

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

1 komentar

  • Jacki
    19.11.2019
    Excellent blog here! Also your web site loads up very fast!
    What web host are you using? Can I get your affiliate link to your
    host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

  • Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2019 intronesia.com