Anda berada disini:Beranda/Maluku dan Papua/Maluku/Maluku, Kepulauan yang Kaya akan Rempah-rempah

Maluku, Kepulauan yang Kaya akan Rempah-rempah

06.05.2019
772
Rempah-rempah Indonesia Rempah-rempah Indonesia (Foto: farhaki.com)

Spice Islands atau kepulauan rempah-rempah dikenal dan menjadi fondasi penting dalam peradaban manusia. Kepulauan ini kita kenal sebagai Maluku. Titik pentingnya (significance) terletak pada:

  • Kandungan rempah yang menjadi pemadu penting bahan pangan dan bahan perobatan.
  • Sebegitu pentingnya, bahan rempah menjadi penentu penting nilai ekonomi, bahkan berada pada posisi menjadi mata uang (currency).
  • Dalam jangka waktu yang cukup lama, Maluku menjadi imaji “(H)india” yang menjadi sasaran penjelajahan para pedagang, petualang, ahli bintang dan peta, dan kelompok-kelompok peradaban yang kemudian membentuk Nusantara.
  • Karena perdagangan dan penjelajahan, Maluku menjadi titik pengarah pada pembuatan peta, (Kolonialisme lalu, sebagai contoh, mengambil Maluku sebagai titik pengarah, seperti yang dirujuk pada perjanjian Tordesillas).

Kepulauan ini mempunyai ekosistem yang ideal bagi kehidupan mengingat kelembaban, curah hujan dan sinar matahari sepanjang tahun. Rempah-rempah sendiri menjadi komoditas yang dibutuhkan di seluruh dunia. Rempah-rempah penting baik dalam pangan maupun dalam perawatan-pengobatan. Kepulauan Maluku adalah tanah yang ideal sebagai tempat pengembangan rempah-rempah tersebut.

Juga, kepulauan ini menciptakan masyarakat inter-insular yang mengembangkan baik penghidupan darat dan penghidupan laut secara berimbang. Model kehidupan semakin banyak dipelajari mengingat pentingnya sumbangan pembelajaran terhadap kehidupan darat-laut secara bersamaan, terutama dengan meningkatnya tantangan perubahan iklim global.

Jenis rumah, jenis transportasi, jenis teknologi tradisional, jenis pemukiman, kesemuanya memberikan informasi mengenai bagaimana masyarakat dapat hidup baik sekaligus dengan merawat unsur-unsur penting di wilayah darat dan perairan laut.

---

Sumber: https://1001indonesia.net/maluku

Share Content

 
Rating Konten
(0 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

malu disaat tidak dapat berkontribusi untuk bangsa ini, maka lakukanlah walau sekecil apa pun itu

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

9 komentar

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

loading...

  • Agaknya orang Indonesia paling gampang sekali melibatkan Tuhan untuk hal-hal yang mestinya bisa diselesaikan oleh Pak RT

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2020 intronesia.com