Anda berada disini:Beranda/Sumatera/Sumatera Barat/Danau Maninjau, Pesona Alam di Kabupaten Agam

Danau Maninjau, Pesona Alam di Kabupaten Agam

30.10.2019
Danau Maninjau Danau Maninjau (Foto: Indradi Soemardjan /indrani.net)

Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Sumatra Barat adalah Danau Maninjau. Danau ini terletak di tengah cekungan yang dikelilingi perbukitan sehingga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, sekitar 35 kilometer dari Bukittinggi atau 140 kilometer dari Kota Padang. Luas danau sekitar 99,5 km persegi dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter.

Danau ini menjadi sumber air bagi Sungai Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar danau dikenal dengan nama Puncak Lawang.

Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km persegi.

Ada banyak cara dan tempat untuk menikmati danau di puncak perbukitan di sekeliling Maninjau ini. Berikut adalah tempat-tempat di mana wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Maninjau.

Kelok 44

Kelok Ampek Puluah atau Kelok 44 merupakan jalan raya menuju Maninjau dari arah Bukittinggi. Dinamakan 44 karena ada 44 buah kelok atau tikungan tajam dari puncak tertinggi jalan raya Bukittinggi-Maninjau. Penurunan Kelok 44 dimulai dari Ambun Pagi sampai dengan Pasar Maninjau.

Kelok 44 seakan menjadi bentangan tangga raksasa yang menghubungkan Perbukitan Lawang, Matur, dengan Danau Maninjau.

Dari keempat puluh empat kelok yang ada, kelok 34 dianggap sebagai tempat yang paling bagus bagi para fotografer untuk mengabadikan keindahan danau. Dari kelok ini, kita bisa melihat danau dengan latar sawah dan rumah bagonjoang.

Puncak Lawang

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Danau Maninjau dari puncak bukit yang berada di Nagari Lawang, Matua, ini. Puncak Lawang berada 3 kilometer dari Simpang Matua, jalan raya Bukittinggi-Maninjau.

Puncak bukit ini ditumbuhi pohon pinus. Udara di tempat ini sangat segar. Dari ketinggian bukit ini, wisawatan dapat memandang hamparan danau berwarna biru yang dikelilingi perbukitan hijau.

Selain sebagai tempat untuk menikmati keindahan danau, Puncak Lawang juga cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Jajaran pohon pinus yang rindang membuatnya nyaman sebagai tempat bersantai.

Di kawasan ini juga tersedia beberapa wahana bermain untuk anak-anak. Puncak Layang juga digunakan sebagai tempat olahraga paralayang.

Taman XIII Balai nan Basa

Tak jauh dari Puncak Lawang , atau sekitar 1 kilometer, terdapat Taman XIII Balai nan Basa. Taman ini tidak besar, tetapi menyuguhkan pemandangan yang indah. Sangat cocok bagi tempat wisata keluarga, meski tidak dilengkapi dengan wahana permainan seperti di Puncak Lawang.

Lawang Adventure Park

Lawang Park atau lawang Adventure Park terletak di perbukitan Lawang. Taman berlatar Danau Maninjau ini letaknya sekitar 2 kilometer dari Puncak Lawang atau 1 kilometer dari Taman XIII Balai nan Basa.

Fasilitas di Lawang Adventure Park lebih lengkap dibandingkan Puncak Lawang. Selain sebagai tempat untuk menikmati keindahan danau, taman ini menyediakan fasilitas outbond serta penginapan dengan sistem cottage.

Taman Ambun Tanai

Taman ini juga terletak di ketinggian Lawang. Letaknya di jalan raya antara Ambun Pagi dan Lawang Adventure Park. Di sini, wisatawan bisa naik menara pandang untuk melihat keindahan Danau Maninjau dari atas.

---

Sumber: https://1001indonesia.net/danau-maninjau-pesona-alam-di-kabupaten-agam

Share Content

 
Rating Konten
(0 pengunjung)
Kategori Menu
Label Konten

Nikmati saja selagi masih ada nafas dan udara untuk dihirup

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Berikan komentar

Pastikan anda memasukkan semua informasi wajib, yang bertanda bintang (*). Kode HTML tidak diizinkan.

  • Masa depan kita tidak tergantung pada apa yang orang lain pikirkan tentang kita

 

IntroNesia menempatkan informasi dengan proporsional untuk membawa dampak positif, membantu memahami diri untuk menghormati dan menghargai sesama.

Redaksi

  • info@intronesia.com

© 2018-2019 intronesia.com